by

5 Langkah Mudah Menggunakan Lem Pipa untuk Menyambung Pipa PVC

-Bisnis-107 views

Pipa PVC merupakan jenis pipa yang digunakan untuk kebutuhan saluran air. Pipa yang terbuat dari PVC atau Polivinil Klorida ini adalah jenis thermoplastik. Pentingnya penggunaan pipa untuk kebutuhan sehari-hari sehingga pipa harus dipastikan tidak mengalami kebocoran. Terkadang masalah kebocoran pipa seringkali terjadi sehingga anda harus mencari lem pipa PVC untuk menyambung pipa.

Anda mungkin bisa mencari tukang pipa profesional, tetapi jika hal tersebut mendesak. Anda bisa mengerjakan hal tersebut sendiri. Apalagi jika anda memiliki waktu luang untuk memperbaikinya sendiri. Anda bisa menghemat biaya untuk hal ini kecuali memang masalah yang terjadi sangat sulit untuk dilakukan dan harus membutuhkan profesional jasa perbaikan.

Ada 5 langkah mudah bagaimana cara menyambung pipa yang bocor atau mengelem pipa yang digunakan untuk saluran air.

Memotong pipa yang bocor 

Sebelum anda mengelem pipa, anda harus memotong terlebih dahulu pipa yang bocor tersebut. potong pipa sesuai dengan ukuran yang akan dipasang pada pipa lainnya. Gunakan gergaji khusus atau yang memiliki bila yang lebar untuk mendapatkan potongan rapi. Usahakan mencari gergaji yang tajam agar proses pemotongannya juga cepat.

Mengamplas pipa 

Langkah selanjutnya adalah dengan menghaluskan pipa yang sudah dipotong. Anda harus menggunakan kertas amplas. Ini bisa anda dapatkan di toko yang menjual bahan bangunan atau lainnya. caranya pertama gulung kertas tersebut dan masukkan kertas ke dalam pipa. Anda harus mengamplas bagian dalam dan luar dari pipa hingga merata. Pastikan bagian-bagian tersebut sudah rata dan halus.

Langkah mengamplas ini harus dilakukan dengan sebaik mungkin, bekas gergaji yang tidak merata akan menyebabkan susahnya lem untuk pipa air PVC untuk merekatkan pipa tersebut.

Melakukan fitting 

Sebelum menggunakan lem, anda harus menyambungkan pipa tersebut tanpa menggunakan lem. Langkah ini disebut juga sebagai tahapan fitting.

Bersihkan pipa dari kotoran 

Bersihkan dengan lap semua bagian pipa hingga tidak ada kotoran yang menempel. Lem tidak akan menempel dengan kuat jika terdapat kotoran di bagian pipa tersebut. Anda dapat menggunakan bahan pembersih yang aman untuk pipa.

Menyambung pipa 

Tahapan terakhir adalah pengeleman pada pipa. Lem pipa Ruglue dari Rucika dapat digunakan untuk mengelem pipa PVC. Olesi lem tersebut pada permukaan dalam dan luar pipa yang akan disambung. Kemudian, sambungkan pipa tersebut dan tekan pipa selama 15 detik. Pastikan lem mengering dengan baik dan lap kembali bagian yang sudah dilem untuk memastikan tidak ada lem yang menempel.

Proses penyambungan pipa dengan menggunakan lem harus dilakukan secara hati-hati dan teliti. Jika lem tidak rata maka akan terjadi kebocoran kembali. Anda bisa mendapatkan pipa PVC dan lem pipa di rucika atau mengecek website resminya. Website rucika akan memberikan informasi segala kebutuhan anda terkait sistem perpipaan. Untuk informasi terkait lem pipa anda bisa mengklik link ini http://www.rucika.co.id/produk/rugglue/.

News Feed