by

Awas, Baterai HP Rusak Jika Ada Tanda-Tanda Ini!

-Gadget-75 views

Sumber: pinterest.com

Di era yang semakin modern ini, kita dapat dengan mudah menemukan smartphone dimana saja. Tampaknya di zaman sekarang juga tak lepas dari perkembangan internet dan teknologi yang semakin canggih. Seperti yang telah kita ketahui, jika smartphone merupakan benda elektronik yang sudah menjadi kebutuhan banyak orang. Ada berbagai komponen penting di dalamnya yang mempunyai fungsi tersendiri, termasuk baterai.

Jika membahas tentang baterai, baterai ponsel ini usianya kadang berbeda-beda. Ada yang tahan bertahun-tahun dan ada juga yang cuma beberapa bulan. Semuanya itu kembali lagi ke si penggunanya masing-masing. Satu hal penting ketika baterai smartphone rusak tentu kita perlu menggantinya. Karena ini bisa mempengaruhi produktivitas dari smartphone itu sendiri dan akhirnya bisa membuat ponsel mati. Kalau baterai smartphone kamu mengalami tanda-tanda berikut ini, berarti baterai smartphone kamu perlu diganti nih guys!

  • Baterai lama di Charger

Baterai lama di Charger

Sumber: pinterest.com

Butuh berapa lama buat men-charger baterai? Rata-rata smartphone membutuhkan waktu 1 hingga 5 jam untuk melakukan pengisian daya sampai full, namun tergantung dengan tipe HP dan charger-nya. Kalau dirasa pengisian baterai tidak normal sampai 7 jam belum penuh, berarti baterai smartphone tersebut rusak. Ini bisa dikarenakan batre Xiaomi 4a dan juga komponen yang ada di dalam HP yang bermasalah.

  • Baterai Cepat Habis

Baterai Cepat Habis

Sumber: pinterest.com

Salah satu tanda yang sering dijumpai jika baterai HP rusak adalah baterai jadi cepat habis. Misalnya, kamu dulu menggunakan HP bisa sampai 10 jam lamanya. Tapi belakangan cuma sampai 3 jam saja sudah habis. Tanda lainnya dapat ditemui di penurunan persentase yang drastis. Agar smartphone bisa lebih nyaman digunakan, lebih baik segera melakukan penggantian baterai.

  • HP Cuma Bisa Menyala Ketika di Cas

HP Cuma Bisa Menyala Ketika di Cas

Sumber: pinterest.com

Seharusnya handphone bisa digunakan bahkan tanpa harus di cas sekalipun (karena fungsinya seperti itu). Namun, gimana jadinya kalau baterai cuma dapat menyala ketika dilakukan pengisian daya? Hal ini umumnya banyak dialami oleh pengguna smartphone yang baterainya sudah rusak. Biasanya, disebabkan oleh persentase baterai yang error serta baterai yang lama di cas.

  • Persentase Pada Baterai Error

Persentase Pada Baterai Error

Sumber: pinterest.com

Sama halnya dengan penurunan persentase baterai yang drastis. Tapi error yang dimaksud adalah persentase yang sering loncat tidak beraturan. Contohnya, dari 80% daya tiba-tiba berubah menjadi 50%. Hasilnya bisa membuat smartphone jadi low batt, bahkan tanpa disadari oleh si pengguna itu sendiri. Ini adalah salah satu tanda baterai iPhone 6 sudah rusak dan perlu dilakukan pergantian. Rata-rata hal ini disebabkan oleh usia baterai atau dari penggunaanya.

  • HP Suka Tiba-Tiba Mati Sendiri

HP Suka Tiba-Tiba Mati Sendiri

Sumber: pinterest.com

Smartphone yang kadang suka mati sendiri memang banyak dialami oleh si pengguna HP. Hal ini umumnya disebabkan karena baterai yang lemah dan rusak. Rata-rata penyebabnya dikarenakan persentase yang tidak memunculkan angka yang benar. Contohnya tertera 80%, tapi sebenarnya cuma 20% saja.

Setelah kamu simak tanda-tanda baterai HP rusak di atas, apakah kamu menemukan ciri-ciri di smartphone kamu guys? Jika iya, maka kamu harus segera menggantinya agar smartphone kamu bisa digunakan dengan nyaman. Namun, kalau kamu punya budget lebih mungkin kamu bisa membeli smartphone baru, hehe. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat untuk para pembaca semua, ya. Baca juga Tanda Dehidrasi yang Perlu Diwaspadai.

News Feed