by

Gimana Sih Cara Bayar BPJS

BPJS adalah salah satu lembaga di Indonesia yang memiliki tugas secara spesifik yang bertugas untuk menjaga kesejahteraan sosial masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Tanpa memandang latar belakang status sosial dan ekonominya.

Kemudian untuk mencapai semua tujuan tersebut dibentuklah dua perpanjangan tangan dari BPJS, yakni BPJS Kesehatan yang secara spesifik bertujuan untuk menjamin biaya kesehatan masyarakat dan BPJS Ketenagakerjaan yang secara spesifik bertujuan untuk menjamin kehidupan para pekerja di masyarakat.

Sejak pertama kali dimunculkan kedua kartu tersebut memang kerap kali menuai berbagai macam kontroversi di dalamnya. Mulai kontroversi dari sistem hingga manajemennya yang sempat dicap buruk. Oleh karena itulah BPJS kemudian melakukan pembenahan di sana sini.

Sampai pembenahan tersebut dapat membawa banyak manfaat bagi BPJS dan tentu saja bagi para pengguna BPJS tersebut. Salah satu pembenahan yang paling terasa manfaatnya dari bpjs online ini adalah kemudahan dalam melakukan pembayaran iuran.

Bila di awal-awal pembayaran iuran BPJS memerlukan proses yang begitu rumit dan panjang, saat ini Anda dapat melakukan pembayaran BPJS dengan sangat mudah. Bahkan jika Anda mengetahui cara pembayaran BPJS secara Online, di mana ini semudah ketukan jari saja Anda sudah bisa membayar iuran BPJS Anda.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk Anda dalam melakukan proses pembayaran BPJS!

  1. ATM Bank

Tersedia dimana saja, saat ini ATM Bank bisa menjadi salah satu pilihan ketika Anda ingin membayarkan iuran BPJS Kesehatan Anda. Cara pembayarannya, pertama Anda harus memasukan kartu ATM ke dalam mesin ATM, ketik pin dan kemudian Anda pilih pembayaran. Kedua, pilih menu BPJS dan Anda pilih BPJS Kesehatan.

Ketiga, kemudian Anda masukan nomor virtual account dan pilih berapa bulan lamanya iuran yang ingin Anda bayarkan serta kelas apa yang ingin Anda pilih sebelumnya. Setelah melakukan semua cara pembayaran itu, iuran Anda pun sudah lunas dan Anda bisa menikmati fasilitas yang diberikan BPJS Kesehatan.

  1. Minimarket

Bagi Anda yang tidak memiliki rekening Bank, Anda dapat membayar iuran BPJS melalui minimarket, minimarket ini bisa dijadikan sebagai alternatif untuk Anda karena keberadaan minimarket yang sangat banyak dan tersebar hingga ke pelosok daerah di indonesia. Cara ini merupakan pilihan alternatif bagi masyarakat yang belum mempunyai rekening bank.

Proses pembayarannya Anda cukup untuk datang ke minimarket terdekat dengan membawa kartu BPJS Kesehatan atau nomor virtual BPJS Kesehatan Anda ke minimarket. Kemudian, Anda dapat memberitahukan kasir jika kamu ingin membayar iuran BPJS Kesehatan Anda.

Nantinya, kasir akan menanyakan kartu BPJS atau nomor BPJS yang ingin Anda bayarkan beserta nomor ponsel Anda. Setelah itu, Anda dapat membayarkan iuran BPJS Kesehatan Anda sesuai tagihan dan tambahan biaya sebesar Rp 2.500.

  1. Kantor Pos

Iuran BPJS Kesehatan kini juga bisa Anda bayarkan melalui kantor pos. Anda dapat membayar iuran BPJS dengan datang langsung di Kantor Pos terdekat dengan syarat membawa KTP dan Kartu Peserta BPJS Kesehatan Anda. Nantinya, petugas kantor pos akan memproses pembayaran iuran melalui komputer yang sudah terkoneksi dengan database BPJS Kesehatan pusat. Berbeda dengan minimarket, melalui kantor pos Anda tidak akan dikenakan biaya tambahan ketika Anda ingin membayar iuran BPJS.

Demikian informasi yang bisa saya berikan mengenai cara pembayaran BPJS semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda mengenai BPJS itu sendiri, jika Anda ingin mengetahui informasi lebih jelasnya Anda dapat langsung mengunjungi https://www.blibli.com/digital/p/bpjs untuk mengetahui informasi lebih jelasnya.

News Feed