by

Kelebihan Penggunaan Genteng Glazur untuk Rumah dan Bangunan

Genteng glazur disebut juga sebagai genteng keramik, adalah salah satu variasi genteng yang banyak digunakan masyarakat. Umumnya genteng ini digunakan oleh rumah-rumah elegan dengan tampilannya yang cukup estetik. Tidak jauh berbeda dengan jenis genteng pada umumnya, genteng keramik terbuat dari bahan tanah liat. Perbedaannya terletak pada adanya lapisan glazur yang membuat tampilannya terkesan mengkilat.

Di era modern seperti saat ini, penggunaan genteng keramik lebih banyak disukai oleh masyarakat. Terlebih dengan beberapa kelebihannya yang dianggap cukup menguntungkan. Untuk itu, berikut adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan genteng jenis ini.

Pilihan Warna Beragam

Salah satu kelebihan genteng glazur yang membuatnya jadi banyak penggemar adalah karena variasi warnanya yang sangat beragam. Anda bisa mendapatkan variasi warna-warna indah seperti coklat, biru dongker, abu-abu, hingga merah marun dan warna lainnya. Pilihan warna yang beragam ini, tentunya bisa disesuaikan dengan keinginan atau desain hunian Anda.

Selain itu, warna yang dihadirkan oleh genteng ini terbilang awet. Pasalnya, pelapis warna glazur sudah diolah menggunakan teknologi super canggih. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir jika suatu saat warnanya akan memudar.

Menjadikan Rumah Lebih Estetik

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, genteng glazur memiliki pilihan warna yang sangat beragam. Dengan adanya variasi warna ini bisa menjadikan rumah atau hunian Anda terkesan lebih estetik dan indah. Anda bisa menyesuaikan warnanya sesuai desain warna dinding, atau memilih warna-warna yang senada dengan bangunan rumah. Tak hanya itu, tampilan genteng yang terkesan mengkilat mampu membuat rumah jadi lebih elegan, rapi dan juga bersih.

Tahan Terhadap Cuaca

Kebanyakan masyarakat mengeluhkan atap mereka bocor atau mudah rusak saat cuaca tertentu. Hal tersebut tidak akan berlaku untuk penggunaan genteng keramik. Bahan yang digunakan untuk pembuatan genteng ini dianggap mampu menahan cuaca ekstrim dan juga kemungkinan korosi pada genteng.

Pada dasarnya, pembuatan genteng dilakukan dengan sangat canggih dan memerhatikan nilai-nilai kualitas serta daya tahannya. Dari segi prosesnya saja, genteng tidak hanya dicetak, namun juga dibakar dan di-press menggunakan teknologi super canggih. Terlebih, adanya sistem interlock yang dihadirkan bisa membuatnya jadi lebih awet.

Ramah Lingkungan

Kelebihan lain yang menyertai kehadiran genteng glazur ini adalah ramah terhadap lingkungan sekitar. Bahan yang digunakan untuk membuat genteng ini adalah tanah liat yang asalnya pun dari alam. Dengan begitu, genteng ini tidak bisa mencemari lingkungan. Meskipun sudah diproses sedemikian rupa, namun tambahan bahan lainnya pun merupakan bahan yang tidak membahayakan. Sehingga aman bagi penghuni maupun lingkungan sekitar.

Mudah Dalam Perawatan

Tak hanya kelebihan-kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya saja. Beberapa orang kerap mengeluhkan gentengnya yang mudah kotor dan nampak kumuh saat dilihat oleh mata. Tentunya, penampilan seperti itu akan mengubah kesan rumah sebagus apapun desain dan bentukannya. Namun, jika Anda menggunakan genteng keramik, tidak perlu khawatir akan tampilannya yang berubah.

Pasalnya, genteng berjenis glazur ini akan tetap stabil pada penampilan awalnya. Pun dari segi perawatan terkesan sangat mudah. Anda tidak perlu membersihkan genting dengan susah dan kerepotan. Pasalnya, dengan lapisan glazur yang mengkilat, bisa tahan terhadap lumut atau hal lain yang bisa mempercepat kerusakan. Meskipun didiamkan, genteng tetap awet dan terlihat bagus.

Nah, itulah beberapa kelebihan dari genteng glazur. Jika dibandingkan dengan jenis genteng tradisional lainnya, tentu genteng ini cocok jadi pertimbangan. Meskipun begitu, Anda harus tetap mengutamakan kehati-hatian saat memasang karena genteng ini mempunya massa yang lebih berat dari genteng lain. Namun, hal tersebut tidak masalah jika pemasangan dilakukan oleh orang yang ahli. Tertarik untuk menggunakan genteng jenis tersebut?

News Feed