by

Ketahui Proses Pembuatan Batako yang Benar

-Gaya Hidup-11 views

Proses pembuatan batako tergolong lumayan susah. Anda harus mempunyai mesin cetak batako untuk proses pembentukannya. Batako sudah bisa di klaim sebagai material bangunan yang tahan gempa.

Batako merupakan material yang terbuat dari bahan pasir 5mm, kerikil kasar, air, dan semen. Semua bahan tersebut dicampur untuk bisa menghasilkan produk batako berkualitas. Berikut proses pembuatan batako.

  1. Siapkan Bahan

Siapkan bahan pasir 5mm, kerikil kasar, air, dan semen untuk pembuatan batako. Semakin berkualitas bahan, akan semakin pula batako berkualitas terbentuk. Peralatan juga tidak boleh ketinggalan contohnya, ayakan pasir, cetakan batako, sendok semen, sekop, kotak adukan, plastik, dan ember besar.

  1. Pembuatan

Setelah persiapan anda akan masuk kedalam proses pembuatan. Sebelum memulai sebaiknya anda menggunakan sarung tangan agar tidak terjadi kontak langsung dengan kulit.

Langkah pertama anda taburkan pasir setebal 10 cm di kotak adukan, lalu tuangkan semen diatasnya lalu di aduk dan campur. Selanjutnya anda bentuk adonan tadi dan buat lubang seperti cekungan di bagian tengah untuk disiram sedikit air dengan perlahan dan rata.

Selanjutnya anda bisa menggunakan kerikil untuk melapisi dengan sempurna. Terakhir anda bisa melihat adukan anda apakah retak atau tidak dengan cara membuat bola kecil.

  1. Pencetakan 

Bahan yang sudah tercampur tadi sudah bisa anda bentuk kedalam cetakan batako yang telah anda persiapkan sebelumnya. Akan lebih cepat jika anda mempunyai mesin cetak khusus batako.

Berikut merupakan proses pembuatan batako yang benar. Anda harus menyiapkan bahan dan juga peralatan yang lengkap untuk memperlancar proses pembuatan batako. Jika pada proses pembuatan, bola-bola kecil yang anda bentuk retak, coba perhatikan kembali setiap bahan yang anda masukkan, apakah kurang atau bahkan kelebihan.

Anda bisa mengulanginya jika terus-menerus mengalami keretakkan pada bola-bola kecil tersebut. Anda juga bisa mencoba nya dengan bahan yang sedikit terlebih dahulu agar menjadi campuran yang sempurna.

Anda bisa mengunjungi website www.indotrading.com untuk membuat permintaan beli dan penawaran. Segera beli sebelum stok habis!

News Feed