by

Kilas Balik Perjalanan Fighter, Truk Menengah Kinerja Luar Biasa

-Otomatif-37 views

Persaingan industri otomotif semakin menjadi, namun tidak banyak pesaing yang mengembangkan produk mereka di tengah permintaan pasar yang tinggi. Semua terfokus pada peningkatan penjualan. Celah ini dijadikan peluang bagi Mitsubishi dalam mengambil langkah pembaharuan dan memperkenalkan kendaraan niaga terbaik dengan teknologi yang dimiliki. Mitsubishi menamakan produk terbarunya yaitu Mitsubishi Fighter. Mitsubishi Fighter terbaru ini merupakan kelas menengah dari truk besar lainnya.

Bila dilihat dari sistem mesin, Mitsubishi fighter adalah kendaraan niaga yang mulanya dikenalkan pada tahun 1984 dan masih diproduksi hingga kini. Sepanjang generasi truk ini dikembangkan dan ditingkatkan lebih banyak dan mengeluarkan varian lain dengan berbagai jenis mesin, termasuk Mitsubishi 220 HP yang dipasarkan pada 1984 hingga 1995, kemudian pada tahun 2004 keluar model mesin lain yakni Mitsubishi 245 dan Mitsubishi 255 HP, Mitsubishi 270HP dan 280 HP.

Mengenai sistem transmisi, ada dua varian yang diperkenalkan sampai sekarang, yakni transmisi 6-speed manual dan 5-speed automatic. Keduanya dipasangkan dengan INOMAT 6-speed otomatis, 9-speed manual, 10-speed manual dengan transmisi splitter rendah tingggi manual.

Fighter memiliki berbagai ukuran, mulai dari ukuran sedang, ukurang medium, serta ukuran besar. Generasi pertama Fighter pada awalnya dikenalkan pada Februari 1984 untuk menggantikan seri FK. Desain penampilan truk itu lebih menarik dan jauh lebih autodinamis. Hal itu meampu membangun citra produk Fuso pada saat itu. Model ini dipasarkan dengan semua fitur teknologi yang diperbarui. Pada bulan Desember 1987 teknologi semakin ditingkatkan dengan mengadakan beberapa perubahan pada radiator grille dan mesin turbo yang memberikan tenaga 230 HP dengan intercooler tambahan dan ABS kemudian dijadikan standar truk.

Adapun pesaing Mitsubishi Fighter adalah Chevrolet W-Series, Isuzu FRR/FSR/FTR, GMC W-Series, dan Bering MD. Di Jepang, pesaing langsung Fighter adalah Nissan Diesel / UD Trucks Condor, Hino Ranger, dan Isuxu Forward.

Dengan segala fitur yang dimiliki, Mitsubishi Fighter sanggup menjadi kendaraan niaga yang handal, berkinerja tinggi, dan sukses menjadi truk dengan mesin yang efektif, interior nyaman, dan banyak fitur yang ditawarkan.

News Feed