by

Macam-macam Jenis Sendi dan Letaknya Pada Tubuh Manusia

-Sendi-34 views

Tubuh manusia bisa bergerak fleksibel, salah satunya karena peran sendi. Sendi merupakan bagian tubuh yang menghubungkan setiap tulang.

Meskipun fungsinya sebagai penghubung antar tulang, bentuk sendi ada berbagai macam menyesuaikan dengan bentuk tulang. Pada dasarnya, bentuk sendi menyerupai bantalan yang ada di antara tulang.

Tapi meskipun fungsinya dapat membantu tubuh bergerak, sebenarnya tidak semua sendi bisa menggerakkan tulang. Ada juga beberapa sendi yang tidak bisa bergerak sama sekali.

Dikutip dari Ruang Guru, Inilah macam macam sendi dan arah geraknya:

1. Sendi Mati (Sinartrosis)

Sesuai namanya, sendi mati berarti sendi yang tidak bisa bergerak. Sehingga ia hanya diam. Contohnya, sendi yang terdapat pada tulang tengkorak.

2. Sendi Kaku (Amfiartrosis)

Sendi kaku adalah sendi yang dapat digerakkan, tapi terbatas. Contohnya, sendi yang terdapat pada tulang antar ruas tulang belakang dan tulang rusuk.

3. Sendi Gerak (Diartrosis)

Seperti namanya, sendi gerak adalah sendi yang dapat digerakkan secara leluasa. Sendi jenis ini ada cukup banyak sehingga bisa dikategorikan lagi ke dalam beberapa sendi berdasarkan arah gerakannya. Misalnya sendi peluru pada bahu, sendi gulung di pergelangan tangan. Kemudian sendi engsel di lutut, sendi putar di leher, sendi pelana di jari jempol dan sendi geser di atas pergelangan tangan.

4. Sendi Geser (plane)

Sendi geser adalah sendi yang memungkinkan gerakan antar tulang yang satu menggeser yang lain. Contohnya, sendi pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

5. Sendi Engsel (hinge)

Sendi engsel merupakan sendi yang memungkinkan terjadinya pergerakan satu arah saja. Biasanya, sendi engsel hanya bisa diluruskan atau ditekuk. Contoh sendi engsel ada pada tulang lutut dan siku.

6. Sendi Gulung (condylar)

Sendi gulung adalah sendi yang punya gerakan dua arah. Bisa bergerak ke depan dan ke belakang, bisa juga ke kanan dan ke kiri. Contohnya, sendi antara tulang pengumpil (radius) dan tulang pergelangan tangan.

7. Sendi Putar (pivot)

Sendi putar adalah salah satu sendi yang gerakan salah satu ujung tulangnya membuat gerakan berputar pada ujung tulang lain. Jadi, salah satu ujung tulang menjadi poros dan yang satunya bisa berputar di sana.