by

Mengenal Aplikasi POS Youtap

-Bisnis-50 views

Aplikasi POS (Point of Sales) Youtap atau yang biasa disebut dengan sistem kasir merupakan sistem pembukuan komputer yang digunakan oleh perusahaan retail atau restoran untuk mempermudah transaksi penjualan.

Sistem pembukuan adalah pencatatan item-item yang penting untuk tujuan audit. Dengan perkembangan teknologi, sistem pembukuan manual kembali dianggap efisien.

Kemudian muncul sistem baru, seperti yang dijelaskan pada paragraf pertama di atas, sistem aplikasi point of sales (POS). POS memang dapat membantu dan mengoptimalkan kinerja perusahaan. Karena sistem sudah sepenuhnya terkomputerisasi, sistem akan dapat mengukur tingkat pendapatan perusahaan dengan cepat dan akurat.

Apa itu Point of Sales (POS)?

Point of sales atau singkatnya POS dapat diartikan sebagai sistem aplikasi yang mencatat dan membantu proses transaksi jual beli di perusahaan.

Sebelum pengembangan sistem POS, toko atau tempat bisnis menggunakan perangkat yang kita sebut mesin kasir. Beberapa orang bahkan menggunakan buku manual atau catatan tempel saat menjalankan bisnis.

Dengan kemajuan teknologi, mesin kasir di mesin kasir dirasa kurang memadai karena sistem kasir hanya dapat mencatat / menghitung transaksi. Oleh karena itu, muncul perkembangan baru yaitu software point of sales (POS) ini.

Sistem POS yang berjalan ketika setiap proses transaksi meliputi:

  1. Berupa perangkat keras yaitu terminal / PC, printer struk, laci kas, terminal pembayaran, dan scanner barcode.
  2. Software, yaitu manajemen inventaris, pelaporan, pembelian, manajemen pelanggan, standar keamanan transaksi, dan bentuk pemrosesan pengembalian.

Manfaat Sistem Point of Sales (POS)

Point of sales (POS) ini tidak hanya dirancang untuk mempercepat dan menyederhanakan proses, tetapi juga dapat memengaruhi kesederhanaan sistem manajemen. Manajemen dapat menggunakan informasi transaksi untuk mengevaluasi semua transaksi yang ada.

Berikut manfaat penggunaan Point of Sales (POS) dalam aktivitas penjualan:

  1. Memberikan laporan transaksi dengan cepat;
  2. Kemampuan untuk mencatat pengeluaran dan pembelian, dan mengurangi jumlah item persediaan.
  3. Mempermudah manajer perusahaan untuk mengontrol semua transaksi yang terjadi;
  4. Mampu mencatat piutang yang dibayarkan pelanggan kepada pemilik perusahaan.
  5. Mampu menampilkan tren penjualan berdasarkan kebutuhan bisnis yang dapat diprediksi. Oleh karena itu, perusahaan dapat mengambil keputusan masa depan dengan lebih mudah jika diperlukan.

Kegunaan POS dalam Bisnis

Selain mempermudah proses transaksi, aplikasi POS Youtap juga memiliki beberapa fungsi atau kegunaan lain yang bisa Anda alami. Berikut ini adalah fungsinya:

  1. Transaksi Lebih Detail

Dengan menggunakan aplikasi POS, aktivitas transaksi Anda dapat diselesaikan secara lengkap dan detail. Karena POS dapat mengakumulasi seluruh hasil transaksi pada saat itu. Anda juga dapat menambahkan hasil transaksi dalam jangka waktu yang ditentukan.

  1. Mampu Memeriksa Produk

Setiap barang yang masuk dan keluar dapat direkam dalam sistem POS. Oleh karena itu, Anda juga dapat menghitung jumlah persediaan di toko tersebut. Ini juga akan meminimalkan kelalaian staf saat memeriksa jumlah barang yang tersedia.

  1. Akses Laporan Mudah

Perlu Anda ketahui bahwa sistem POS menyimpan setiap data transaksi yang dilakukan. Oleh karena itu, Anda dapat mengakses laporan transaksi secara real time setiap hari. Karena sistem POS ini terkoneksi dengan internet, Anda pun dapat mengaksesnya secara online.

  1. Perbaharuan Produk Mudah

Ketika harga jual suatu produk sering berfluktuasi, sistem POS dapat dengan mudah membuat perubahan untuk Anda. Anda tidak perlu lagi mengubah harga produk satu per satu, karena POS otomatis dapat mengubah harga jual produk sesuai perkembangan pasar.

Youtap.id menjadi salah satu aplikasi point of sale terbaik, berhasil menjadi teman bisnis bagi para pelaku bisnis di negeri ini. Mulai dari bisnis yang baru saja dimulai hingga bisnis menengah keatas. Tunggu apalagi? Segera download dan bangun perusahaan sendiri!

News Feed