by

Momen Spesial Ramadan dari Berbagai Penjuru Negara

Bulan suci ramadan, bulan yang pebuh berkah dan ampunan. Bulan dimana amal ibadah kita dilipatgandakan. Bulan dimana dosa kita diampuni, doa kita di ijabah. Dan tentunya menjadi momen yang senantiasa ditunggu umat muslim seluruh dunia setiap tahunnya.

Satu bulan penuh, bertarung dengan hawa nafsu, menahan lapar dan dahaga di siang hari, dengan segala aktifitas rutin yang melelahkan, tidak menjadikan niat dan itikad berpuasa menjadi surut.

Begitu juga dengan budaya dan kebiasaan masyarakat dunia dalam menjalani hari-hari ramadan, tentunya sangat unik dan menarik untuk diketahui. Berikut ulasannya:

  1. Puasa dengan durasi terpanjang ada di Rusia

Bukan rahasia lagi bila negara-negara di Eropa memiliki durasi puasa yang lebih panjang dari negara-negara di Asia. Salah satu negara yang memiliki durasi puasa terpanjang adalah Rusia. Negara ini memiliki durasi waktu yang sangat panjang sehingga umat muslim yang ada disana benar-benar harus ekstra bersabar.

Jeda waktu yang sangat sempit harus dimanfaatkan untuk berbuka puasa, setelah itu tarawih serta tadarus serta langsung sahur juga. Umat muslim yang tinggal serta menghabiskan waktu puasa di Rusia haruslah tepat waktu dalam melakukan semua aktivitasnya. Jika tidak, hal ini akan mengganggu jadwal selanjutnya. Tidak jarang banyak orang yang menyibukkan diri untuk bisa menghabiskan waktu sambil menunggu waktu buka puasa.

  1. Surganya hidangan buka puasa gratis alias iftar

Arab Saudi, sebagai tuan rumah cikal bakal agama islam, tentunya punya cara yang berbeda dalam menyemarakkan bulan Ramadan. Orang kaya yang tinggal di Arab biasanya berlomba-lomba untuk menyediakan buka puasa untuk fakir miskin.

Menu buka puasa ini biasanya diletakkan di masjid-masjid atau langsung diberikan kepada orang yang ada di jalanan. Sebagai salah satu negara asal mula para Nabi dan rasul, cara masyarakat Arab Saudi dalam menyemarakkan Ramadan ini sangat unik serta patut untuk dicontoh.

Tindakan ini juga sudah dicontohkan oleh Rasulullah, yaitu berlomba-lomba dalam kebaikan. Apalagi pahalanya akan dilipat gandakan karena melakukannya di bulan Ramadan.

Setelah acara berbagi menu buka puasa usai, biasanya mereka akan berbuka bersama orang yang diberi makanan tentunya. Setelah itu melakukan sholat maghrib, dilanjut dengan shalat isya serta shalat tarawih. Tentu saja tradisi ini banyak mengundang decak kagum.

  1. Pesta kembang api dan dugdag sahur, Indonesia punya

Pasti Anda sudah sering mendengar patrol sahur yang dilakukan di kampung-kampung. Hal ini ternyata hanya ada di Indonesia saja serta menjadi ciri khas bulan Ramadan.

Tidak hanya itu, anak-anak di Indonesia juga biasanya ngabuburit atau menunggu waktu berbuka dengan melakukan pesta kembang api.

Anak-anak terlihat sangat bahagia dengan melakukan ngabuburit ini. Banyak sekali turis yang berkunjung ke Indonesia hanya karena ingin tahu bagaimana patroli sahur dan pesta kembang api ini dilakukan. Kita patut berbangga karena tradisi ini sudah dikenal oleh banyak orang di luar negeri.

  1. Ramadan penuh warna dan cahaya lampu, Mesir

Mesir adalah salah satu tempat yang menjadi negara para nabi. Maka, tidaklah heran jika suasana ramadan di negeri seribu menara ini begitu mempesona dan membuat kita ingin merasakan keistimewaannya.

Di malam-malam Ramadan, negara ini akan menjadi bercahaya karena tatanan lampu yang dibentuk sedemikian rupa. Akan sangat menyenangkan untuk melihat pemandangan ini ketika Anda berada di Mesir.

Banyak mahasiswa yang menceritakan tentang indahnya menghabiskan bulan Ramadan di Mesir. Tidak mengherankan karena Mesir adalah salah satu destinasi wisata yang paling diminati ketika bulan Ramadan tiba. Jadi, momen ramadan di negara mana yang ingin Anda rasakan sendiri?

News Feed