by

Olahraga Kardio Dirumah Saja

-Kesehatan-64 views

Perubahan signifikan atas kebiasaan manusia terjadi ketika COVID-19 mulai menyebar dan merambah seluruh dunia. Pernahnya diberlakukan lockdown di beberapa negara dan psychical distancing menjadi salah satu langkah utama, untuk meredam penyebaran COVID-19. Penggunaan masker pun mulai diberlakukan, guna mencegah penyebaran virus COVID-19. Selain langkah-langkah diatas, kita juga harus tetap menjaga pikiran dan tubuh kita dalam kondisi yang fit dan sehat. Karena virus COVID-19 menyerang sistem imunitas tubuh kita. Rutin berolahraga menjadi penguat imunitas tubuh kita, tetapi sangat disayangkan, karena COVID-19 ini pusat-pusat olahraga, mulai dari GYM sampai GOR, semuanya ditutup sementara. Namun, itu bukanlah alasan untuk tidak berolahraga. Kita bisa melakukannya dari rumah, mulai olahraga ringan sampai olahraga berat. Salah satu jenis Olahraga dirumah yang cukup populer, adalah olahraga kardio. Olahraga kardio atau olahraga aerobik merupakan kegiatan olah tubuh yang bertujuan memperkuat jantung dan paru-paru. Selain mampu memperbaiki fungsi tubuh dalam memanfaatkan oksigen, olahraga kardio juga bermanfaat memperbaiki denyut jantung, tekanan darah, dan pernapasan. [1] Seperti penjelasan tersebut, olahraga kardio sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama jantung dan paru-paru, sangat cocok untuk dilakukan di masa pandemi COVID-19 ini.

Selain untuk memperkuat jantung dan paru-paru, ternyata olahraga kardio mempunyai beberapa fungsi lain. Seperti, Menurunkan stres, Olahraga kardio memiliki manfaat yang bisa membuat tubuh kita menjadi lebih rileks dan tenang. Ini dikarenakan olahraga kardio dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat mengurangi stres dan meningkatkan mood kita.. Sebuah penelitian bahkan mengungkapkan, rutin berolahraga seperti berjalan kaki selama 30 menit dalam waktu paling tidak 15 hari, terbukti dapat mengurangi stres dan mengurangi gejala depresi. Meningkatkan kualitas tidur, Jika memiliki gangguan tidur setiap malam, maka cobalah untuk melakukan olahraga kardio. Menurut sebuah penelitian, melakukan olahraga dirumah secara rutin dipercaya mampu membantu meningkatkan kualitas tidur dan membuat tidur lebih lelap. Akan tetapi, sebaiknya hindari melakukan olahraga kardio berdekatan dengan waktu tidur. hal ini hanya akan membuat kita kesulitan untuk tidur. Batasi waktu olahraga kardio setidaknya dua jam sebelum waktu tidur. Menjaga kadar gula darah, Sebuah studi mengungkapkan bahwa melakukan olahraga kardio secara rutin dapat membantu mencegah diabetes dan mengurangi gejalanya. Hal ini dikarenakan olahraga mampu memperbaiki cara tubuh dalam menggunakan gula darah dan juga menurunkan resistensi terhadap insulin. Menurunkan kolesterol dan berat badan, Salah satu cara menurunkan kadar kolesterol adalah dengan melakukan olahraga kardio. Para peneliti percaya melakukan aktivitas fisik seperti olahraga kardio dapat meningkatkan kadar kolesterol baik dan menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, olahraga kardio juga mampu menurunkan berat badan pada penderita obesitas. [1]

Salah satu keunggulan olahraga dirumah adalah tidak memerlukan tempat yang luas atau menggunakan alat-alat yang rumit. Melakukan latihan kardio di rumah juga dapat menghemat biaya sekaligus membuat kita merasa nyaman melakukan berbagai gerakan-gerakan favorit. Berikut beberapa gerakan latihan kardio yang bisa dilakukan di rumah.

  1. Jumping jack

Gerakan ini tidak membutuhkan keahlian khusus karena yang harus kita lakukan hanyalah melompat setinggi-tingginya. Ketika melompat, pastikan kaki kita membuka lebar dan tangan direntangkan ke atas kepala. Meski latihan kardio ini terlihat sederhana, kita bisa membakar 100 kalori hanya dalam 10 menit.

  1. Lompat tali

Jika kita memiliki alat lompat tali dan rumah dengan area kosong yang luas, maka latihan kardio ini adalah pilihan yang bagus. Lompat tali dapat membakar hingga 220 kalori hanya dalam 20 menit.

  1. Burpee

Latihan kardio ini juga tidak membutuhkan alat apa pun. Untuk melakukannya, mulailah dengan berdiri tegak, lalu jongkok dengan posisi kedua telapak tangan menyentuh lantai. Lempar kaki kita hingga posisi badan seperti push-up, kemudian kembali jongkok, dan akhiri dengan lompatan setinggi-tingginya dengan posisi tangan tegak di atas kepala.

  1. Squat jump

Gerakan latihan kardio ini sangat sederhana, yakni mulai dengan posisi setengah jongkok dan tangan dilipat di belakang kepala. Kemudian, lompat setinggi mungkin dan kembali mendarat di posisi setengah jongkok.

  1. Latihan tangga

Tangga di rumah juga bisa dijadikan arena latihan kardio yang baik lho. Cara paling sederhana adalah dengan naik-turun tangga selama 10 menit beruntun atau lebih. [2]

Olahraga Kardio maupun jenis olahraga lainnya, jangan dilakukan secara berlebihan dan sembarangan, karena bisa menimbulkan Badan terasa nyeri atau pegal akibat peradangan di otot dan sendi, misalnya nyeri bahu, lutut, dan lengan, radang tendon, dehidrasi, gangguan Elektrolit, gangguan tidur, berkurangnya nafsu makan, melemahnya daya tahan tubuh, sehingga sering flu, gangguan jantung. Selain menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan fisik, terlalu sering olahraga juga bisa menyebabkan seseorang menjadi kecanduan berolahraga. Hal ini dapat dilihat dari perilaku yang mulai memaksakan untuk terus berolahraga meskipun kondisi fisik sedang tidak fit, merasa harus berolahraga setiap hari, atau merasa stres jika tidak berolahraga. [3] Guna menunjang keberhasilan kita untuk berolahraga, ternyata kita juga harus menghindari efek berolahraga yang berlebihan, yaitu dehidrasi. Dehidrasi bisa mengurangi fokus kita selama kita beraktivitas, dan bisa berakibat kepada kesehatan tubuh. Maka dari itu kita harus rutin minum air putih. Minum air putih sebelum dan sesudah berolahraga harus dilakukan, guna menjaga kestabilan cairan tubuh kita yang akan dikeluarkan nanti. Kualitas air yang akan kita minum harus tetap terjaga.

Pastikan kamu mengkonsumsi AQUA. Karena hanya AQUA yang selama 45 tahun mampu memproduksi air mineral berkualitas yang berasal dari proses alami. Untuk menjaga kualitasnya, AQUA langsung mengambil air dari sumber air pegunungan terpilih dengan melewati 400 uji kelayakan sebelum sampai ke konsumen.

Air mineral berkualitas tersedia untuk melindungi tubuh kita agar senantiasa sehat. Sumber air yang terlindungi akan melindungi kesehatan tubuh kita, sehingga dengan asupan mineral berkualitas untuk kesehatan tubuh dapat dengan mudah kita dapatkan melalui AQUA. [4]

Tak lupa, AQUA juga melindungi ekosistem di sekitar sumber mata air. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk melindungi kealamian mineral dan keberlangsungan sumber air. Hal ini selaras dengan komunikasi baru AQUA, “Terlindungi Untuk Melindungi”.

  1. https://www.alodokter.com/olahraga-kardio-ternyata-bisa-membuat-kita-merasa-bahagia
  2. https://www.sehatq.com/artikel/tetap-sehat-di-rumah-dengan-latihan-kardio-ini
  3. https://www.alodokter.com/terlalu-banyak-berolahraga-ternyata-tidak-selalu-baik-ini-alasannya#:~:text=Risiko%20Penyakit%20Akibat%20Olahraga%20Berlebihan&text=Jika%20tidak%2C%20tubuh%20lebih%20berisiko,Dehidrasi.
  4. https://www.sehataqua.co.id/kandungan-air-putih-yang-bermanfaat-bagi-tubuh-anda/

News Feed