by

Sablon DTG dan Kelebihannya untuk Gaya Kamu

Persaingan sablon saat ini semakin meningkat dan salah satu yang paling populer yaitu sablon DTG. Sablon jenis ini bersaing ketat dengan teknologi sablon lainnya dengan berbagai kelebihan yang ada. Berikut pembahasan lengkap bagaimana teknik DTG dan kelebihannya untuk kamu! Dengan adanya jasa Sablon Baju Makassar kamu akan mendapatkan kepuasan.

Mengenal Teknik DTG dalam Sablon

Nama DTG merupakan kependekan dari direct to garment yang berarti proses pencetakan sablon berada langsung di atas bahan. Teknik sablon satu ini sudah menggunakan mesin sepenuhnya dalam setiap proses, tidak perlu lagi tenaga manusia.
Sablon DTG adalah bukti berkembangnya teknologi di dalam dunia konveksi yang membuat teknik sablon menjadi lebih cepat dan praktis.
Sistem Kerja Teknik DTG dan Kelebihannya
Teknik DTG sebenarnya memiliki keunggulan pada mesin printer yang akan mencetak sablon langsung pada kaos. Mesin memang melebihi manusia dalam berbagai aspek seperti dalam hal kecepatan dan presisi. Berikut kelebihan sablon DTG selengkapnya:

1. Hasil Cetakan Gambar Punya Resolusi Tinggi

Kelebihan utama dari teknik DTG terletak pada hasil cetakan yang tampak sangat bagus dan punya resolusi tinggi. Hal ini karena penggunaan printer dan komputer tentu akan memberikan hasil yang lebih presisi dan detail.
Pencetakan dengan teknik ini akan mengurangi terjadinya perbedaan antara desain awal dengan hasil akhir sablon. Resolusi tinggi ini berasal dari hasil cetakan yang benar-benar teliti pada detail atau desain gambar yang rumit.

2. Mencetak Warna Penuh

Selain dari resolusi, hasil cetakan juga bisa memiliki beragam warna, tidak terbatas pada warna primer saja. Satu desain sablon misalnya yang memiliki beragam warna bisa diwujudkan dengan baik menggunakan teknik ini.
Tergolong dalam cetak sablon digital, DTG tidak memiliki batasan warna baik itu gradasi hingga dimensi tertentu berwarna cerah.

3. Pengerjaan yang Cepat

Kamu memerlukan cetak sablon dalam waktu cepat? Teknik DTG ini bisa memberi kamu kecepatan dalam mencetak desain sablon pada kaos.
Satu kaos atau bahan lainnya hanya akan menghabiskan 20-30 menit saja dalam pengerjaannya. Kamu bisa tampil bergaya di acara mendadak yang akan kamu datangi!

4. Hasil Sablon Halus

Hasil sablon DTG jika kamu raba akan terasa sangat halus dengan kekuatan dan elastisitas yang tidak perlu kamu ragukan.
Beberapa bahan kaos seperti cotton combed atau cotton bamboo sangat cocok dengan metode sablon ini. Tidak perlu khawatir hasil sablon akan tampak kasar dan mengganggu penampilanmu.

5. Lebih Hemat

Teknik sablon berteknologi tinggi ini terbilang lebih hemat dalam aplikasinya daripada metode lain. Kekurangan sablon DTG hanya terletak pada biaya awal yang mahal untuk membeli mesin sablon saja. Satu mesin dapat beroperasi selama beberapa tahun dengan perawatan minimal.
Jika kamu hitung dari segi waktu dan efisiensi, maka metode ini adalah metode paling hemat.
Penghematan juga terjadi karena metode ini tidak perlu memakai transfer paper ataupun tepung perekat di dalam prosesnya.