by

Tidak Hanya Menyegarkan, 9 Manfaat Jus Timun

-Kesehatan-15 views

Jika Anda pernah mengonsumsi jus mentimun pasti merasakan bagaimana kesegaran minuman satu ini. Namun selain menyegarkan jus dari buah mentimun juga memiliki banyakl  manfaat bagi tubuh.

Kandungan nutrisi dan vitamin pada timun sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Nutrisi dan vitamin tersebut di antaranya vitamin C, vitsmin K, magnesium, fosfor, riboflavin, B-6, folat, asam pantotenat, zat besi, silika, kalsium dan seng.

Timun juga memiliki sifat diuretik dan efek pendingin yang banyak dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh dan kulit. Selengkapnya berikut 9 manfaat jus mentimun bagi tubuh:

  • Menghidrasi Tubuh

Dalam sebuah timun terdiri dari 95% dan dua senyawa, yaitu asan askorbat dan asam caffeic yang mampu mencegah retensi udara membuat tubuh tidak mudah merasakan dehidrasi.

Kadar air yang tinggi dalam mentimun juga membantu tubuh melakukan detoksifikasi alami yakni mengeluarkan racun-racun dalam tubuh secara alami.

  • Tingkatkan Imunitas

Kandungan dalam mentimun dapat membantu memenuhi kebutuhan mineral, hormon, dan senyawa yang berfungsi meningkatkan imunitas atau membantu melindungi tubuh dari penyakit. Juga terdapat kandungan antioksidan yang membantu tubuh untuk terhindar dari berbagai infeksi seperti virus dan bakteri.

  • Mengontrol Tekanan Darah

Konsumsi jus mentimun dipercaya dapat membantu mengatasi hipertensi dan tekanan darah rendah. Mentimun membantu mengatur tekanan darah berada pada batas normal karena kandungan magnesium pada setiap mentimun..

  • Tingkatkan Penglihatan

Katarakogebesis atau katarak merupakan masalah mata yang paling banyak dialami karena beragam sebab. Konsumsi jus timun dapat mencegah risiko katarak karena kandungan vitamin A serta antioksidan pada timun yang melindungi dari beragam masalah mata.

  • Mencegah Sembelit

Jika sering bermasalah dengan pencernaan, konsumsi jus mentimun dapat menjadi solusi untuk mengatasinya. Banyaknya kandungan air serta kandungan serat tidak larut pada kulit mentimun membantu mencerna makanan lebih baik, cepat dan mudah.

  • Cegah Osteoporosis

Timun mengandung aneka mineral seperti kalium, tembaga dan magnesium bermanfaat sangat baik untuk kesehatan tulang. Rajinlah mengonsumsi jus timun secara teratur, akan sangat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang, hingga mencegah penyakit gangguan tulang yang banyak terjadi seperti osteoporosis.

  • Kelola Kadar Hormon

Manfaat lain konsumsi jus mentimun adalah untuk membantu menyeimbangkan kadar hormon pada tubuh. Selain itu timun juga membantu mencegah kerusakan kelenjar pituitari dan tiroid.

  • Membantu Kurangi Berat Badan

Jus mentimun kaya akan antioksidan yang membantu meningkatkan metabolisme, dalam hal ini juga membantu penurunan berat badan. Kandungan timun juga rendah akan kalori sehingga cocok dikonsumsi orang-orang yang berusaha melakukan penurunan berat badan.

  • Merawat kulit

Memiliki masalah pada kulit? Buah mentimun bisa menjadi solusi alami untuk mengatasi beragam masalah kulit baik dikonsumsi berupa jus maupun sebagai masker kulit. Kandungan vitamin B5 pada mentimun sering digunakan untuk menghilangkan jerawat.

Ternyata sangat banyak manfaat minuman segar dari sayuran timun. Sajian agar dengan banyak manfaat maka tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsinya.

Dapatkan timun dan aneka sayur dan buah segar berkualitas langsung dari petani lewat TaniHub. TaniHub adalah platform e-commerce  buah dan sayur terbaik untuk memenuhi kebutuhan  dapur Anda.

Sayur dan buah segar didapatkan langsung dari petani sebab TaniHub memang berperan  menghubungkan petani dan pembeli. Anda yang tinggal di Jabodetabek, Yogyakarta, Solo, Semarang, Bandung, Sumedang, Surabaya, Malang dan Pasuruan dapat memenuhi kebutuhan sayur dan buah segar di TaniHub tinggal buka situs website atau unduh aplikasinya sekarang.

News Feed