by

Wajib Tahu, Beberapa Komponen Instalasi Pipa Saluran Air!

Tak hanya menyiapkan lem pipa untuk drat pipa besi, pada saat melakukan pemasangan pipa untuk saluran air di rumah, maka terdapat komponen-komponen instalasi pipa air yang dapat membantu mendukung proses pemindahan fluida-nya.

3 Komponen Penting Instalasi Saluran Air

Adapun komponen-komponen yang harus dipersiapkan adalah sebagai berikut ini, di antaranya: (source: eprints.undip.ac.id)

  1. Pipa

Pipa tentu saja dibutuhkan ketika memasang saluran air karena berfungsi sebagai penyalur fluida. Pipa pun terdiri dari banyak jenis seperti Pipa PVC, Pipa PVC-O, Pipa HDPE, Pipa Seamless, Pipa CPVC, Pipa uPVC, Pipa PP-R, Pipa Tembaga, Pipa PEX, Pipa SDR-41, dan masih banyak yang lainnya.

Tentu saja, bahan pembuatan pipa-pipa ini berbeda satu sama lain namun kegunaannya tetap sama, di mana sama-sama digunakan untuk menyalurkan air di rumah. Tak hanya itu, pipa pun dibuat dengan beberapa diameter seperti 6 mm, 8 mm, 10 mm, 15 mm, 20 mm, 25 mm, dan seterusnya.

Saah satu merek pipa air yang dapat digunakan adalah merek pipa air Rucika. Rucika memiliki beragam jenis dan tipe pipa air hingga fitting dengan kualitas terbaik untuk memenuhi kebutuhan dalam proses instalasi pipa saluran air untuk berbagai jenis bangunan.

  1. Valve

Selain pipa, instalasi pipa juga membutuhkan yang namanya valve. Valve atau dikenal pula dengan katup merupakan salah satu perangkat yang digunakan untuk mengatur, mengarahkan, sekaligus mengontrol aliran dari fluida dengan cara membuka, menutup sebagian, maupun menutup utuh aliran fluida tersebut.

Terdapat beberapa jenis valve yang kerap digunakan untuk instalasi pipa seperti Gate Valve (berfungsi membuka dan menutup aliran), Globe Valve (berfungsi untuk mengatur besar kecilnya laju aliran), Ball Valve (berfungsi mengatur aliran), Globe Check Valve (berfungsi sebagai pengatur besar kecilnya air), Swing Check Valve (berfungsi sebagai alat untuk mengalirkan aliran menuju saluran outlet), dan masih banyak yang lainnya.

  1. Peralatan lain

Peralatan-peralatalan lain pun dibutuhkan untuk membantu memasang pipa saluran air, misalnya saja:

  • Pompa untuk menghisap sekaligus memindahkan air.
  • Sprinklers, sistem pemadam menggunakan air bertekanan dalam pipa.
  • Stream trap, digunakan untuk menampung pengembungan uap air yang terdapat di dalam pipa.
  • Separator, dimanfaatkan untuk memisahkan air dengan lumpur, batu, maupun pasir.
  • Saringan pemasukan (grating).
  • Kotak lumpur (mud boxes),
  • Pipa khusus untuk pemasukan (pipe line).

Demikian penjelasan mengenai komponen-komponen yang dibutuhkan pada saat melakukan instalasi pipa untuk saluran air. Semoga informasinya bermanfaat dan selamat memasangnya, ya!

News Feed