Yamaha XSR 155: Desain, Mesin, Dan Harga

Bisnis, Otomatif23 views

Pada tahun 2019 yang lalu Yamaha mengambil langkah yang tepat dengan mengeluarkan varian motor terbarunya yakni XSR155. Peluncurannya pun dinilai sangat tepat, di mana saat itu perkembangan dan popularitas dari motor custom sedang sangat meningkat. Gaya retro dari motor XSR 155 ini memang dinilai sangat tepat untuk menjadi motor custom mulai dari scrambler, tracker, dan lain sebagainya. 

Untuk keluaran 2021 memang Yamaha belum mengeluarkan beberapa perubahan, meskipun sebenarnya sudah ada rival yang bermunculan. Tapi memang animo masyarakat Indonesia terhadap motor retro masih sangat tinggi, sehingga wajar motor ini masih menjadi buruan. Berikut ini beberapa informasi penting seputar motor Yamaha XSR 155 mulai dari desain, mesin, dan juga harga motornya.

Desain

Motor Yamaha yang satu ini memiliki desain tanpa fairing atau biasa disebut sebagai naked bike dan memiliki kesan retro. Kesan retro sangat terlihat dengan lampu bulat dan juga desainnya sangat jauh dari kesan agresif dan juga futuristis seperti motor sport kebanyakan. Tempat duduknya menggunakan jok yang bersahabat dengan desain klasik dengan gaya tuck and roll yang menyambung dari depan ke belakang. 

Tempat duduknya memang cukup lebar membuat kalian akan bisa lebih nyaman pada saat berkendara pada jarak yang jauh. Desainnya menggunakan setang yang lebar dan juga tinggi, sehingga posisi berkendara pun sudah pasti akan lebih nyaman. Desain dari tangki tidak terlalu besar, sehingga memang nyaman berkendara dan juga bisa manuver yang lebih baik. 

Mesin

Mesin yang dimiliki memiliki performa yang baik yakni mesin berpendingin cairan, 4 tak, silinder tunggal SOHC 4 katup dan memakai teknologi VVA. Tenaga maksimum dari mesin ini adalah 14,2 KW di 10 ribu rpm, torsi maksimal 14,7 nm di 8500 rpm. Motor ini menggunakan transmisi manual 6 percepatan dan dibantu dengan Assist & Slipper Clutch. 

Fitur

Fitur pada motor ini sudah cukup baik mulai dari panel yang sudah full digital meskipun tetap menggunakan desain bulat untuk menguatkan kesan retro. Motor ini sudah menggunakan teknologi injeksi dan juga mempergunakan pencahayaan LED yang memang membuat motor ini tetap menarik. 

Kelebihan Dan Kekurangan

Motor ini tentu saja memiliki beberapa kelebihan yang membuat banyak orang tertarik untuk membeli motor ini. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa kelebihannya. 

  1. Desain retro yang memang sangat kental, minimalis dan baku
  2. Mesin 155cc pada motor ini sudah dimaksimalkan sehingga mempergunakan menghasilkan tenaga dan torsi yang melimpah
  3. Motor ini menggunakan ban dual purpose yang bisa diandalkan untuk jalanan aspal atau juga medan off road ringan
  4. Sudah mempergunakan suspensi Upside down yang membantu kestabilan saat berakselerasi

Motor ini pun memiliki kekurangan, berikut ini kami akan jelaskan beberapa kekurangan dari motor ini. 

  1. Belum mempergunakan ABS untuk membantu pengereman
  2. Belum memiliki indikator voltmeter yang mana sebenarnya sangat penting untuk motor tanpa kick starter
  3. Bantingan suspensi motor ini memang cukup keras jadi kurang nyaman untuk pengendara dan juga untuk penumpang
  4. Meskipun setang lebar akan tetapi posisi kurang condong ke pengendara, jadi memang kurang nyaman posisi berkendara

Daftar Harga 

Motor ini merupakan motor entry level untuk kelas motor sport, harga dari motor ini adalah 36,9 jutaan. Motor ini tersedia pada 2 warna Matte silver premium, dan matte black Elegance.