by

Yuk, Kenali dan Pahami Fungsi Label Kemasan buat Konsumen

-Bisnis-48 views

Label kemasan memiliki fungsi penting bagi produsen dan konsumen. Saat hendak membeli suatu produk, konsumen biasanya akan membaca informasi yang tertera pada label. Mulai dari merek, tanggal produksi, tanggal kedaluwarsa, komposisi produk, hingga info nilai gizi (jika produk makanan).

Secara umum, label kemasan harus tertera dengan jelas dan tepat sebagai pemberian jaminan keamanan konsumen. Intinya, label ini menjadi media interaksi antara produsen dan konsumen mengenai hal-hal yang berkatian dengan produk yang dijual. Dengan banyaknya perusahaan label tentunya juga akan mempermudah sebuah bisnis.

Fungsi Label Kemasan buat Konsumen

Lalu, seberapa penting sih informasi pada label untuk para konsumen? Agar lebih dapat memahaminya, kita simak penjelasannya sama-sama yuk!

Wujud Tanggung Jawab Produsen

Dari sisi produsen, pencantuman label kemasan merupakan bentuk dari rasa tanggung jawab ke konsumen. Maksudnya, produsen memberikan jaminan segala kebenaran informasi mengenai produk sebelum dibeli konsumen. Artinya, pembeli mendapatkan hak keamanan juga sebelum mengonsumsi produk.

Sementara, label kemasan juga berfungsi melindungi konsumen melalui informasi yang tertera di sana. Misalnya, konsumen dapat lebih selektif membeli makanan dengan melihat komposisi apa saja yang ada pada produk tersebut. Jika ada bahan yang mesti dihindari, setidaknya dia dapat mengetahuinya hanya dengan membaca label pada kemasan.

Sarana Informasi dan Edukasi ke Konsumen

Mungkin tidak banyak konsumen menghabiskan waktu membaca semua informasi yang ada pada packaging produk. Namun, produsen juga mesti wajib mengedukasi konsumen tentang semua hal yang berkaitan dengan produk. Pada makanan, salah satu yang terpenting adalah informasi nilai gizi.

BPOM sendiri sudah mewajibkan pencantuman info ini untuk produk makanan, minuman, serta obat. Pasalnya, apa yang dikonsumsi para pembeli akan berpengaruh langsung pada kesehatan mereka. Jangan sampai konsumen tidak mendapatkan keselamatan pangan karena tidak adanya informasi yang tertera di label.

Penentu Keputusan Konsumen dalam Membeli

Bagi para konsumen yang jeli dan teliti memeriksa produk, label kemasan akan menentukan keputusan mereka untuk membeli produk atau tidak. Apabila label pada kemasan terkesan kurang informatif, beberapa konsumen pun cenderung mempertanyakan jaminan keamanannya.

Jadi, keberadaan label kemasan mesti menjadi perhatian khusus untuk para produsen sebelum merilis produk. Ingat, data dan angka yang tercantum di sana harus benar-benar sesuai dengan kondisi produk sebenarnya. Terlebih sekarang ini hal-hal yang berkaitan dengan perlindungan konsumen sedang banyak disorot BPOM.