by

Persiapkan SBMPTN dengan Amunisi dari Ruang Guru

-Pendidikan-73 views

Seperti yang kita tahu, SBMPTN selalu diikuti oleh ratusan ribu peserta dari seluruh Indonesia. Aku sebagai orang yang pernah lolos SBMPTN, patut bangga bila mengingat itu. Memilih jurusan ternama di universitas yang cukup populer di Indonesia membuatku awalnya gentar bila melihat banyak orang yang juga mengincar jurusan itu. Untuk itu, aku mempersiapkan materi SBMPTN sebanyak mungkin untuk bisa aku pelajari dari jauh-jauh hari.

Mempersiapkan SBMPTN bukanlah hal mudah. Butuh konsistensi dan komitmen di dalam diri kita sendiri. Apalagi materi SBMPTN tidak semudah ujian nasional dan jauh lebih banyak. Aku bersyukur saat ini bisa menikmati hasil jerih payah selama ini dalam menyiapkan diri menghadapi SBMPTN.

Sekarang, waktunya adikku sendiri yang merasakannya. Dia juga tidak mau kalah dengan kakaknya yang telah membuktikan diri bisa mengatasi materi SBMPTN. Tapi, adikku ini sangat jauh berbeda denganku. Komitmennya sangat mudah goyah dan sulit sekali untuk diminta belajar. Dari segala metode, mulai dari ikut les di bimbel, mendatangkan guru privat, dan bahkan aku sendiri yang mengajarkan, semua gagal. Dan ternyata hanya satu yang berhasil, yakni ruang belajar.

Ruang belajar yang merupakan produk unggulan dari ruang guru yang akan membantu para pelajar dalam menghadapi segala macam soal dan materi, baik untuk belajar sehari-hari atau pun untuk ujian seperti halnya SBMPTN. Awalnya agak tidak percaya, mengapa dari sekian banyak cara, ruang belajar yang bisa bikin adikku bisa lebih bener belajarnya. Ternyata, ini dia beberapa alasan kenapa ruang belajar bisa membuat adikku lebih semangat belajar.

  1. Praktis

Belajar gak perlu repot bawa buku berat, hanya perlu koneksi internet dan bisa dilakukan di smartphone atau PC. Adikku memang bukan tipe orang yang ribet, dia mau yang simple, ruang belajar berisi materi sekaligus latihan soal yang dia butuhkan.

  1. Materinya Lengkap

Materi yang ruang guru siapkan sudah sangat lengkap. Dan ternyata, tidak hanya lengkap, dari ruang belajar dia bisa belajar lewat video pembelajaran yang memudahkan untuk memahami materi. Rangkumannya juga sudah disediakan. Aku kira rangkumannya hanya seperti poin-poin penting biasa, ternyata dikemas dalam bentuk infografis, enak banget.

  1. Bisa Sering Latihan Soal

Di ruang belajar tidak hanya diberikan pemahaman melalui video dan rangkuman materi SBMPTN. Adikku ternyata sekarang latihan soal juga di smartphone-nya. Latihan soal memang sangat membantu, apalagi di ruang belajar sudah disediakan sesi pembahasan dan juga langsung diberi tahu nilainya. Ini tidak hanya bermanfaat untuk adikku, tapi juga bagi aku dan orang tua. Dengan tahu nilai dia, aku dan orang tuaku bisa memantau sejauh mana kesiapannya dalam menghadapi SBMPTN.

Tigal hal itu ternyata yang membuat adikku bisa lebih baik dalam belajar. Aku juga sekarang tidak perlu repot-repot menanyakan sudah belajar apa belum, gimana persiapannya, dan bla-bla-bla. Semoga saja adikku bisa meneruskan perjuangan kakaknya yang berhasil lolos SBMPTN. Apa pun hasilnya, aku yakin adikku sudah berusaha keras.

Kalau kamu juga punya anggota keluarga atau teman yang sedang punya kesulitan dalam belajar, coba aja ruang belajar dari ruang guru, siapa tau juga berhasil. Good luck yaa!