by

Bahan CVC, Berikut Kelebihan dan Kekurangannya

-Bisnis-518 views

Bagi anda yang bergelut di bidang konveksi tentunya bertanya-tanya apa itu katun cvc? Banyak orang menganggap kain katun CVC ini sama dengan jenis kain katun viscose.  Namun sesuai dengan kenyataannya kedua bahan pembuatan kaos ini ternyata berbeda dari segi karakteristik dan sifatnya.  Meskipun sebenarnya kedua bahan tersebut sama-sama terbuat dari bahan katun yang memiliki kombinasi campuran bahan yang berbeda. Banyak juga kain ini dipakai di konveksi seragam.

Untuk viscose sebenarnya jenis kain yang dikembangkan dari rayon untuk pembuatan sutra sintetis.  Karakter dari kain viscose ini tidak kaku lembut, mudah menyerap keringat dan cenderung jatuh dengan warna yang mengkilap pastinya.  Namun untuk katun viscose mudah rusak jika direndam terlalu lama dengan detergen pada saat mencucinya.  Sedangkan apa itu katun cvc merupakan singkatan dari Chief Value Cotton yang berarti mengandung lebih banyak bahan katun. 

Bahan katun CVC ini sebagai bahan kaos polos yang dibuat dengan menggunakan kombinasi antara kain polyester dengan kain katun.  Perbandingan komposisi katun lebih dominan pada katun CVC dibandingkan dengan kandungan polyester.  Biasanya komposisi apa itu katun cvc memiliki perbandingan katun 55% dan polyester 45%.  Tidak hanya itu saja kain CVC juga ada yang mempunyai campuran bahan katun 60% dan polyester 40%.  Artinya katun CVC adalah bahan yang terbuat dari kandungan serat alami dengan kandungan lebih besar dari kandungan Polyester.

Kelebihan Katun Cvc yang Perlu Anda Ketahui!

Penggunaan apa itu katun cvc yang ada di pasaran memang cukup banyak dipilih sebagai bahan pembuatan kaos polos.  Baik kaos polos digunakan untuk pembuatan sablon atau pun sebagai trend fashion sandang yang akan dijual kembali..  Agar anda yakin untuk memilih katun CVC sebagai bahan pembuatan kaos, berikut ini beberapa keunggulan yang perlu anda ketahui:

Katun CVC Memiliki Hygienic Properties Lebih Baik dari Pada Kain TC

Keunggulan apa itu katun cvc sebagai bahan baku pembuatan kaos polos yang pertama adalah memiliki hygienic properties lebih baik dari kain TC.  Alasan yang mendasari mengapa katun CVC mempunyai hygienic properties yang baik karena mengandung bahan alami lebih banyak.  Kandungan katun yang ada pada kain katun CVC memiliki persentase lebih besar dari pada kandungan lainnya.  Sehingga kain katun CVC terbilang cukup banyak digunakan, tidak mudah menimbulkan iritasi pada kulit dan cukup bagus menyerap keringat.  Meskipun katun CVC memang memiliki kandungan bahan polyester namun bahan kaos ini tetap nyaman untuk anda pilih.

Karakter Katun CVC Jauh Lebih Kuat Dibandingkan Kain Katun dengan Bahan Alami 100%

Tidak hanya itu saja keunggulan lain dari apa itu katun cvc yang terbuat dari bahan alami adalah memiliki karakter bahan yang lebih kuat.  Tentunya ini dibandingkan dengan katun alami yang terbuat dari 100% bahan kapas alami.  Alasan mengapa kain katun CVC lebih kuat karena adanya kandungan polyester yang terbuat dari serat fiber poly hasil dari bumi.  Benang polyester yang terdapat pada kain katun CVC ini sebagai bahan sintetis membuat sifat bahan jauh lebih kuat.  Kaos yang terbuat dari kain katun CVC pun tidak mudah rusak atau robek seperti kaos dari bahan katun.  Sehingga membuat kaos dari katun CVC jauh lebih tahan lama untuk anda kenakan demi memenuhi kebutuhan sandang sehari-hari.

Tingkat Penyusutan Katun CVC Lebih Rendah

Informasi keunggulan lainnya yang ada pada apa itu katun cvc adalah mempunyai tingkat penyusutan bahan yang lebih rendah.  Mungkin anda pernah menemukan bukan bahan kaos yang mudah memuai ketika setelah dikenakan dan dicuci akan mengecil atau mengerut.  Hal ini pastinya membuat kaos dengan bahan yang mudah memuai tidak tahan lama dikenakan.  Dan juga membuat anda tidak percaya diri untuk mengenakan kembali kaos yang terbuat dari bahan katun CVC.  Alasan yang menyebabkan kaos dengan katun CVC tidak mudah menyusut karena mengandung bahan polyester.  Kandungan bahan polyester tentunya membuat sifat kain tidak mudah menyusut yang terbuat dari serat sintetis.  Sehingga kualitas bahan pun jauh lebih baik untuk anda dapatkan.

Kekurangan Kain CVC

Tidak Mudah Luntur

Kain katun CVC yang dijual di pasar Indonesia tersedia dalam berbagai warna yang bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan. Kaos yang dibuat dari kain katun CVC dengan warna tertentu tidak mudah luntur saat dicuci. Kain katun CVC memiliki kemampuan menyerap warna dengan baik sehingga warna kaos tidak mudah pudar dan tidak mudah luntur sehingga kaos tidak mudah kusam.

Bisa Disablon

Kain katun CVC yang memiliki kemampuan menyerap warna dengan baik cocok jika diaplikasikan sablon. Kaos yang terbuat dari kain katun CVC akan bisa menyerap warna sablon dengan baik sehingga tampilan kaos menjadi semakin menarik.

Karakteristik kain katun CVC tersebut bisa menjadi keunggulan yang bisa menarik minat masyarakat. Kaos yang dibuat dengan kain CVC pun digemari oleh masyarakat karena nyaman digunakan di segala kondisi cuaca. Kaos yang terbuat dari kain CVC dinilai lebih awet sehingga bisa digunakan dalam jangka panjang. Kaos bahan CVC juga bisa diberi ornamen