by

Inilah Manfaat Jogging yang Perlu Diketahui

-Kesehatan-48 views

Selain untuk kesehatan, jogging juga bermanfaat untuk tubuh. Akan tetapi, masih banyak yang sulit membedakan antara jogging dan lari. Bahkan menganggap bahwa keduanya adalah satu aktivitas yang sama.

Perbedaan antara lari dan jogging terletak pada kecepatannya. Secara khusus, gerakan yang kurang dari 10 menit pada satu mil biasanya dianggap jogging. Hal sebaliknya, gerakan dengan kecepatan di atas 10 menit pada satu mil maka dianggap lari. Lalu, apa saja manfaat jogging? Artikel ini akan membahas 10 manfaat jogging untuk tubuh.

Manfaat Jogging

1. Meningkatkan Energi

Manfaat jogging selanjutnya juga dapat meningkatkan energi. Setiap tubuh manusia tentu membutuhkan energi. Tubuh membutuhkan sebuah energi supaya setiap organ tubuh dapat berfungsi secara baik.

Energi tersebut dihasilkan dari proses metabolisme tubuh. Caranya adalah dengan mengubah makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh. Melalui energi-energi tersebut, tubuh dapat menjalankan aktivitas secara baik.

Energi akan membuat tubuh lebih kuat. Itulah yang membuat kamu dapat menjalankan aktivitas sehari-hari. Contohnya seperti berjalan, berlari, bekerja dan lain sebagainya.

Selain hal di atas, ada hal lain yang dapat meningkatkan energi tubuh. Salah satunya adalah olahraga. Olahraga pada pagi hari akan meningkatkan stamina. Hal itu juga membuat kamu lebih berenergi ketika menjalankan aktivitas sehari-hari.

2. Mencegah Stres

Stress adalah sebuah reaksi dari tubuh. Stress ini akan muncul ketika seseorang menghadapi sebuah  hal-hal yang kurang baik. Seperti mengalami tekanan, ancaman bahkan mengalami suatu perubahan.

Stress juga bisa terjadi karena sebuah situasi atau pikiran. Biasanya, hal itu akan membuat seseorang merasa lebih gugup, marah, bersemangat atau bahan merasa putus asa. Situasi itulah yang akan memicu respons dari tubuh.

Respons yang dikeluarkan dapat terjadi dalam hal fisik atau psikis. Contoh dalam fisik seperti sesak napas, detak jantung lebih cepat, tekanan darah menjadi meningkat dan otot-otot tubuh menjadi kaku.

Setiap orang dapat mengalami stress. Baik anak-anak, remaja bahkan orang dewasa. Kondisi stress ini tidak selalu berakhir dengan efek yang buruk.

Umumnya, stress terjadi atau bersifat sementara saja. Stress akan berakhir ketika sesuatu yang menyebabkan tekanan itu bisa dilalui. Akan tetapi, stress juga dapat terjadi secara berkepanjangan.

Stress yang terjadi secara berkepanjangan dapat mengganggu tubuh. Mulai dari keseharan fisik, melemahkan daya tahan tubuh dan hal lainnya. Stress dapat menimbulkan masalah kesehatan lain seperti gangguan pada sistem reproduksi dan sistem pencernaan.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Tekanan darah adalah sebuah ukuran yang menentukan kinerja jantung. Melalui tekanan darah, kita dapat mengetahui seberapa kuat jantung dalam memompa darah. Darah yang dipompa jantung nantinya akan mengalir ke seluruh tubuh.

Tekanan darah tidak berjalan dalam jumlah yang pasti. Tekanan darah dapat berubah-ubah. Hal itu dikarenakan tekanan darah dapat bervariasi.

Tekanan darah berubah tergantung apa saja aktivitas yang sedang kamu lakukan. Contohnya seperti saat berolahraga, saat berbicara, saat berjalan dan ketika perubahan perubahan postur seperti duduk kemudian berdiri.

Meskipun dapat berubah-ubah, tetapi tekanan darah juga tetap harus dikontrol. Jangan sampai terlalu rendah, atau terlalu tinggi. Maka dari itu, penting untuk menjaga kesehatan sekaligus melakukan aktivitas yang dapat membantu menjaga tekanan darah.

4. Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tidur adalah salah satu kebutuhan manusia. Setiap manusia memerlukan waktu untuk tubuhnya beristirahat. Waktu tersebut bisa didapatkan ketika tidur.

Akan tetapi, terkadang tubuh tidak bisa beristirahat maksimal ketika tidur. Hal itu disebabkan karena beberapa hal. Seperti sulit untuk tidur, terus terbangun sampai tidur yang tidak nyenyak.

Beberapa hal tersebut juga terjadi karena hal lain. Salah satunya karena kurang berolahraga. Olahraga tidak hanya membuat tubuh menjadi sehat.

Kamu bisa mendapatkan manfaat yang lebih jauh dari jogging. Salah satunya adalah membantu pola tidur kamu menjadi lebih baik. Manfaat jogging secara rutin akan membuat kamu tidur nyenyak di malam hari.