by

Memilih dan Merawat Hard Disk External

Penyimpanan data merupakan kebutuhan yang terbilang penting dengan adanya hardisk eksternal ini akan sangat memudahkan kamu ketika hendak akan menyimpan file yang banyak dengan ukuran yang besar. Penyimpanan dengan kapasitas yang besar hingga mencapai ukuran TB, kamu dapat menyimpan berbagai jenis file dalam satu hardisk.

Cara Memilih Hard Disk Eksternal yang Bagus

  • Pilihlah Hard Disk  yang Memberikan Kecepatan Pengirim Tinggi

Faktor yang harus di perhatikan ketika ingin membeli hard disk eksternal bukan hanya ukurannya yang besar, melainkan juga dengan kecepatan pengirimannya. Karena perangkat yang mempunyai kemampuan kirim yang cepat akan lebih membantu kamu untuk menunjang aktivitas pekerjaan.

  • Pilihlah Kapasitas Penyimpanan Sesuai Kebutuhan

Sebagian besar orang ketika ingin membeli hard disk pasti yang akan mereka pilih adalah yang kapasitasnya besar. Itu di karena kan kapasitas dapat menentukan banyaknya data yang bisa Anda simpan di dalam satu hard disk eksternal.

  • Perhatikan Fitur Tambahan yang Diberikan

Dari beberapa produsen biasanya mereka akan merilis hard disk eksternalnya dengan menambahkan perangkat lunak bawaan yang akan menyimpan data (backup) secara otomatis. Walaupun ini bersifat otomatis, tapi jika kamu tidak ingin menggunakannya itu juga tidak masalah. Karena fitur ini dapat di gunakan kapan pun Anda menginginkannya.

Kelebihan-kelebihan Hard Disk Eksternal

  • Penyimpanan file lama dan backup data

File-file yang di tumpuk di dalam sebuah komputer itu akan menyebabkan hard disk internal Anda membengkak. Maka penting bagi andaa untuk tetap menjaga file agar tetap eksis dengan cara kamu membeli sebuah hard disk eksternal.

  • Ruang penyimpanan besar

Sudah bukan menjadi rahasia umum jika keunggulan yang di miliki hard disk adalah penyimpanannya yang besar. Hard disk portabel memiliki kapasitas rata-rata yang berkisar mulai dari angka ratusan giga bahkan sampai menyentuh terabyte. Hard disk yang memiliki jumlah yang besar itu kemungkinan akan membuat kamu bisa menyimpan lebih banyak file di dalamnya.

  • Nyaman dan praktis saat di gunakan

Merek hard disk yang terbaik selalu mengantongi keunggulan dari segi portabilitasnya. Walaupun beberapa produsen yang menciptakan hard disk eksternal yang sifatnya non-portabeel, tetapi pada dasarnya produk penyimpanan yang ini dirancang dengan khusus untuk orang yang mempunyai mobilitas tinggi.

Tips Merawat Hard Disk Eksternal agar Awet

  • Jangan sampai terbanting

 Memang ada sebagian hard disk eksternal yang di lengkapi dengan fitur tahan guncangan. Tetapi lebih baik jika kamu lebih berhati-hati dan menjaga hard disk agar tidak sampai jatuh. Karena jika peranti ini jatuh dari jarang yang lumayan tinggi, komponen mekanik yang keras juga akan mengalami kerusakan yang semakin besar.

  • Selalu pilih opsi “safe remove hardware”

Proses dari pemindahan data yang mencakup dalam jumlah besar itu akan meninggalkan sisa yaitu berupa cache di dalam memori. Agar cache di memori hilang kamu perlu melakukan safe remove hardware ketika sudah selesai menggunakan hard disk.

  • Gunakan kabel USB Y

Jenis kabel USB dengan bentuk Y (kepala dua) ini bisa membantu komponen hard disk kamu menjadi lebih tahan lama, itu di karenakan mereka memperoleh pasokan listrik yang cukup baik.

  • Jauhkan dari cairan dan benda bermagnet

Ada beberapa kasus yang di temui pada saat kecelakaan hard disk eksternal jatuh dan masuk ke dalam air atau terkena tumpahan dari minuman. Agar dapat menghindari hal ini, kamu harus menjauhkan gelas minuman saat sedang mengoprassikan produk.

  • Jangan menempatkan hard disk di tempat bergetar

Banyak orang yang teledor ketika mereka meletakan hard disk di atas speaker yang aktif. Hal ini dapat membuat hard disk eksternal berumur lebih pendek. Karena terganggunya kemampuan mekanik di dalamnya.

Dengan kami menerapkan beberapa tips merawat hard disk tadi, itu semoga bisa membantu kamu agar bisa memastikan hard disk eksternal yang sudah kamu beli itu berumur panjang. Dengan begitu, kamu sudah tidak perlu merogoh kocek dan mengganti produk baru ketika kerusakan itu terjadi. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu.

Minyak Almond dapat Anda Order di:

Harga KisaranBeli Sekarang di:
Rp. 710.000Shopee
Rp. 710.000Tokopedia
Rp. 710.000Lazada
Rp. 710.000Blibli

News Feed